Oleh: purlescpy | 29 Maret 2009

“Pesona Alam”, sisi lain Taman Arkeologi Onrus yang terabaikan.

Tidak banyak yang mengenal Pulau Onrust sebagai obyek wisata alam/laut yang sangat eksotis, karena selama ini masyarakat lebih banyak mengenal dan mendengar sebagai tempat dengan berbagai sisa dan reruntuhan bangunan peninggalan kolonial Belanda yang menduduki Indosesia selama kurang lebih 350 tahun.

Sore di sudut pantai Onrust

Selebihnya Pulau Onrust dikenal sebagai tempat yang misterius, menyeramkan, banyak berkeliarannya makhluk-makhluk halus yang menghuni reruntuhan bangunan yang sangat terlantar, ditambah lagi dengan keberadaan sisa-sisa kuburan penjajah serta tokoh organisasi terlarang di tanahair.

“Tak Kenal Maka Tak Sayang”, ungkapan tersebut mungkin pas untuk Taman Arkeologi Onrus saat ini. Cara mengenal yang paling efektif adalah mengunjungi langsung pulau-pulau tersebut (P.Onrust,P.Kelor,P.Bidadari dan P.Cipir), dan inilah yang dilakukan oleh sekelompok anak muda alumi Fasilkom UI  angkatan 2004 yang bertualang ke 4 pulau pada Sabtu dan Minggu, 21-22 Maret 2009. Entah apa saja yang ada dalam pikiran mereka selama berada di pulau-pulau tersebut, yang jelas mereka semua adalah kali pertama berkunjung, sehingga dapat merasakan langsung atmosfir sejarah dan arkeologinya tidak hanya lewat buku-buku sejarah maupun brosur-brosur museum.

Untuk mengetahui apasaja yang meraka kerjakan selama berada di Taman Arkeologi Onrust, dapat dilihat dari foto-foto “CSUI2004 Wisata Ke Onrust”.

Para alumnus Fasilkom 2004 di Pulau Bidadari

Detik-detik matahari terbenam di pantai Onrust

Detik-detik matahari terbit di Pulau Onrust


Responses

  1. Menarik sekali foto-fotonya. Saya sudah pernah ke Onrust namun setelah melihat foto-foto ini saya jadi ingin ke sana kembali.

  2. bagus …. Jales Veva Jaya Mahe
    di laut kita jaya di darat kita buaya

  3. Txs berat utk panitia n pengelola TAO. Utk kali kedua SMKN 38 Jakarta berkesempatan berkunjung kembali ke TAO, ditambah mampir ke p.bidadari. Dulu berangkat dr Angke n tdk mampir ke bidadari. Kemajuan yg sangat berarti dari segi kepanitiaan. Tinggal bikin even yg lebih heboh, biar dunia mengenal ttg TAO dan pulau2 sekitarnya

  4. huffffhhhhn twee daagen geleden ga ik naar het ONRUST… woow ik vindt leuk n mooi plaats.. nou jullie moet probeer ja…!!haha ok Groetjes van ARY.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: