Oleh: purlescpy | 2 Maret 2009

“Banyak Jalan Menuju Pulau Onrust”

Siapa bilang sulit mencapai Pulau Onrust?, ternyata mudah dan murah, karena disamping lokasinya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Jakarta, juga tersedia beberapa pilihan moda transportasi untuk mengunjungi Pulau Onrus, P.Cipir, P.Kelor dan P.Bidadari. Bagi yang berkocek tebal bisa berangkat dari Pelabuhan Marina Ancol dengan kapal mesin paket kunjungan P.Bidadari, dg tambahan singgah di P.Onrust maupun Cipir. Bagi yang senang sedikit petualangan dapat berangkat dari pelabuhan Kamal dengan carter perahun nelayan bermesin tempel kapasitas 20 orang dengan tarif perhari tidak lebih dari 400 rb rupiah. Untuk menghindari angin dan ombak yang besar, seyogyanya berangkat dari Kamal tidak melebihi jam 08.00 pg, dan pulang dari kawasan Onrust tidak lebih dari jam 15.00 siang.
Kalau memang cuaca sedang baik sekali berangkat dapat mengunjungi 4 pulau dalam beberapa jam.
Tempat pemberangkatan lain adalah Pelabuhan Angke, dengan kapal motor yang melayani trayek untuk penumpang dari dermaga Angke ke gugusan Kepulauan Seribu yakni Pulau Karya, P.Pramuka, P.Untungjawa, P.Tidung dll, yang melewati P.Onrust. Waktu penyeberangan laut yang dibutuhkan dari 3 lokasi tersebut berkisar antara 30 sd 45 menit, gak lama kan???. Jadi tunggu apalagi?, ajak teman-teman untuk rame-rame menikmati pemandangan laut lepas yang indah sambil mengenali Benda-Benda Cagar Budaya yang memiliki nilai sejarah yang tinggi di Pulau Onrust, tapi jangan lupa beli ticket masuk yang relatif murah. Ok, selamat berkunjung.


Responses

  1. rencanya dalam bulan ini, saya mw berkunjung k P. Onrust n Kelor…klo dari muara karang, saya harus charter perahu atau ada perahu yg khusus k sana stiap hr?
    jadinya tinggal itung biasay per org seperti klo k P. pramuka? thanx atas infonya…

  2. mau tanya dong, kalu siang ada ga kapal atau perahu motor yang menuju pulau onrust dan berapa biayanya. terima kasih

  3. pada dasarnya berkunjung ke pulau onrust dapat dilakukan setiap saat (kapan saja), dengan berbagai pilihan alat transportasi yang tersedia, yakni Kapal Motor yang dikelola Pulau Bidadari yang berangkat dari pantai Marina Ancol, Perahu Motor yang menjalani angkutan masyarakat menuju P.Pramuka yang berangkat dari dermaga Angke dan Perahu Nelayan yang berangkat dari dermaga Kamal. Untuk Perahu Nelayan yang berangkat dari Kamal, biasanya kapan saja bisa dicharter sepanjang cuaca cukup aman dalam arti cerah dan tidak ada gelombang tinggi, dengan kapasitas maksimal 18 orang, tarif dibawah 500 rb. satu kali pergi dan pulang Onrust, transaksi langsung dengan para pemilik perahu di dermaga Kamal. Kapasitas yg lebih besar dengan kapal motor yg lebih besar, kisaran 50 orang lebih, bisa juga dicharter langsung di dermaga Angke. Nah yang terakhir, bagi yang memiliki biaya cuku[p dan tak mau kawatir gangguan cuaca, ombak tinggi serta ingin menikmati layanan perjalanan wisata yang lebih oke, sebaiknya ikut dalam paket wisata Pulau Bidadari. Informasi lebih rinci dan jelas, datanglah klangsung ke UPT.Taman Arkeologi Onrust Disparbud DKI Jakarta yg berkantor di bilangan Kuningan Barat Jaksel.Terimakasih atas atensinya untuk mengunjungi P.Onrust.

  4. Halo pak, saat ini berapa kira-kira harga sewa kapal dari muara kamal?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: